Thursday, January 28, 2010

KAMUS BAHASA MINANG : Bahasa Paling Keren :p


Didedikasikan untuk temans La yang mau belajar bahasa minang untuk berbagai keperluan dan kepentingan, baik itu untuk menambah panjang CV dengan keahlian bisa berbahasa minang, untuk mencari pasangan orang minang special to diancuk: walopun teman gw g bisa berpindah ke laen hati masi ada adeknya kok. Dan juga narendra : buat mengejar gadis dari negeri seberang, opooo ataupun bagi temans yang berniat tinggal di wilayah Sumatra Barat tapi belom ngerti2 juga sama bahasa yang kita pake :p
*ok.cukup untuk pembukaan*

Mari kita mulai..

Hal paling dasar yang harus temans tau adalah kata sapaan..
aku = rang, aden (agak kasar)
kamu = awak, waang (agak kasar)
dia = inyo
adek = adiak
kakak = abang, uda, uni

Untuk belajar berhitung.. bahasa minang akan terdengar lebih enak..
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 = (dibaca) ciek, duo, tigo, ampek, limo, anam, tujuah, lapan, sambilan, sapuluah
11, 12, 13, 14, 15 = sabaleh, duo baleh, tigo baleh, ampek baleh, limo baleh
20, 30, .. = duo puluah, tigo puluah, ..
belas = baleh (silakan dilanjutkan sendiri untuk 16-19)
puluh = puluah (bisa mulai 20, 30, dst)
*perlu ditekankan 1 hal. Jika bukan sebagai bilangan, ‘ampek’ mempunyai konotasi negatif. Jadi berhati-hatilah dalam penggunaan kata yg 1 ini :p*

Sekarang saatnya mengetahui bahasa2 tambahan sebagai pelengkap kalimat..
apa = a
ini = ko, iko
dengan = jo
udah = alah
ada = ado
tidak = indak
iya = iyo
ke = ka

do, digunakan sebagai pelengkap kalimat..
Contoh : indak do = tidak

Untuk memperbanyak kosakata temans dalam bahasa minang, mari La jabarkan pemakaian bahasa minang untuk anggota tubuh..
mata = mato
hidung = iduang
mulut = muluik
bibir = bibia
telinga = talingo (bukan kupiang. Ok?!)
perut = paruik
rambut = rambuik
jempol = ampu
kepala = kapalo
betis = batih

Untuk pekerjaan sehari-hari, dalam bahasa minang juga akan La terjemahin dah..
pergi = pai
tidur = lalok
bangun = jago
dengar = danga
belanja = balanjo
belajar = baraja
baca = baco
tulis = tulih
cubit = piciak
pukul = tokok

Sifat yang sering temans tunjukin sehari-hari dalam versi bahasa minang akan jauh lebih seru, cekidot..
suka = suko
marah = berang
manis = manih
bagus = rancak
jelek = buruak
besar = gadang
kecil = ketek
haus = hauih
lapar = lapa
bodoh = bela
*untuk temans La para lelaki, 1 bocoran untuk kalian, bagi La kata GANTENG = GAdaNg TENGak, yang artinya bodoh, hahaha.. jadi masi mau dipanggil ganteng??
Next session diajarin dua kata yg punya makna berbeda jika dijadiin satu*

Kesimpulan
- jadi kebanyakan bahasa minang jika huruf vocal terakhir a diganti dengan o
- jika huruf sub-kata terakhir ut maka diganti menjadi uik
- jika huruf sub-kata terakhir is maka diganti menjadi ih

Sekian dululah, selamat belajar temans :))
Hal ini La lakukan semata-mata agar temans belajar pada orang yang benar, ahiii..

*to be continued :p

43 comments:

momogie said...

hahahah... ketemu juga Blog lw.

Yola said...

@yogie: hahaha..
lagian blog gw ada di link lu juga..
tape dehh..

atie said...

wah,saya suka2! udah lama ngak dengar orang bercakap bahasa minang di rumah semenjak arwah ibuku tiada. saya dari Malaysia, berdarah minang juga di Selangor. Trimas ya, rindu sungguh pabila coba menyebut setiap perkataannya. apa kamu juga orang minang?kongsikanlah lagi perkataan-perkataan lain! (^^,)

Anonymous said...

wah, maturnuwun maturnuwun...
bikin lagi doonnnkkk.. =P


salam kenal,

http://kangmasjuqi.wordpress.com

ozants said...

wah..
bagus juga.
lagi nyari kumpulan kata2 minang buat diinject ke dictionarynya swype.
kalo untuk penggunaan kata awak.
biasanya juga dipake untuk menyebut kan diri sendiri.
ex : awak pai ciek lu
biasanya dipake kalo sama teman yg kita hormati, atao sama orang yg kurang enak kalo kita ngomong aden.

kalo penggunaan awak untuk kamu biasanya kalo ngomong sama yg lebih muda dan orang asing (kurang dikenal)

Nisa said...

kalau saya, awak, kakak, abang dan panggilan lain dalam bahasa minang pe die?

Guaa ajjah said...

woy telinga tu pakaturiak ndak?
baa koo ?
kurang padek minangnyo

iNNrPeAcE said...

terima kasih ya..
jumpa juga untuk pelajari bahasa minang..
saya juga keturunan minang dan sedang mencari salasilah keturunan keluarga minang...

rahmatmh said...

Assalammu'alaikum Uni..
Lam kenal yo..
Aden urang Pekanbaru ko :)

cerven22 said...

Bilangin juga dong, bahwa "ciek" hanya berlaku untuk angka bilangan terkecil saja. 21 bukan "duo puluah ciek", tapi "duo puluah satu", begitu seterusnya.

Yola SS said...

@atie: sama-sama. dan sampai sekarang masih belum nambah ni post bahasa minang. hehehehe

@anonymous: salam kenal balik. iya pengen nulis lagi. hehehe

@ozants: iya beda-beda sudut pandang. ini masi general aja, belum spesifik yang saya tulis. hehe

@nisa: ada di tulisan kok :p silakan dibaca dari awal..

Yola SS said...

@gua ajjah: jan yang padek bana da, agak payah urang baraja beko banyak versinyo. hehehe

@innrpeace: sama-sama dan silakan dipelajari. hehe

@rahmatmh: salam kenal balik. orang pekanbaru yang ngerti minang yak. hehehe

@cerven22: tarimo kasih revisi nyo da, talewat dek wak. hehehe

dyla said...

bahasa padang ataw minang lucu juga y kalu diresapi... :)
tp mkasih bged y....
lumayan bwd nambah kosakata :)

dyla said...

salam kenal y buad temen" :)
aq trtarik mempelajari budaya kalian :)

Yola SS said...

@dyla: salam kenal jugaa, semoga tulisan saya membantu :d
iya, bahasa minang unik, bahasa-bahasa lain jugaa, itulah indonesia kaya akan bahasa daerah. hehehe

Jen Muaro Paneh said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Haneulpower said...

salam kenal :)
aku ada darah padang, tapi besar di sunda, jadi gak bisa bhs. minang :)
nemu blog ini sangat membantu.
kalo boleh tanya, bhs. minangnya rumah apa ya?

Yola SS said...

@Haneulpower: salam kenal juga :)
biasanya kita nyebut rumah ya rumah, atau kalau bisa agak luas disebut 'tampek tingga' yang artinya tempat tinggal. semoga membantu :)

oneblogg said...

asyikk.. jd dpt solusi yg dh bkin pnasaran.
pcar qu nak minang,. suka bingung klo liat dy koment ma tmn2 nya di FB. :D

nanda said...

wh sangat menarik nh..,
oia gan,ane mw nanya
bahasa minang.a ganteng sma cantik ap y?

Yola SS said...

@oneblog: haha bahasa minang itu gampang kok kalau dipelajari :p

@nanda: ganteng dan cantik di bahasa minang bisa disebut "rancak bana" :p

sarahbakri said...

Jadi penasaran, ampek itu maknanya apa? oia mbak salam kenal ya. Saya Sarah dari Medan. Tulisan keren-keren :)

sarahbakri said...

Jadi penasaran, ampek itu maknanya apa? oia mbak salam kenal ya. Saya Sarah dari Medan. Tulisan keren-keren :)

YSS said...

@sarahbakri: 'ampek' itu semacam umpatan kasar, spt: anj*ng, bangs*t
jadi sebaiknya jangan digunakan di dalam percakapan. hehehe
salam kenal juga, terimakasih udah berkunjung :)

Administrator said...

susah bro...

LUCKY CELL said...

Kunjungi juga www.bahasaminang.blogspot.com

herurahmat23 said...
This comment has been removed by a blog administrator.
YSS said...

@Administrator: susah susah gampang, bisa dipelajari kok hehe

@lucky cell: terimakasih sudah berkunjung kesini..

Jho Sihombink said...

Aniayo lah den dek ang. Beko dapek bala dek ang lai. Den masuakan tekong dalam muncuang ang tuh.

Minta tolong diartikan ya gan..!!

Sentuhan Cahaya said...

Rancak bana..

Rafani Samrahidi said...

lanjutannya mana nih gan?

chan amoy said...

ampek tu apa sama dgn pantek??? suka deh sma ni blog...

amirul hakim bin baharin said...

mcm samo yo ngn loghat nogori. humang ai. aso den lg bobolit lidah nyobut an baso dio nie.

amirul hakim bin baharin said...

mcm samo yo ngn loghat nogori. humang ai. aso den lg bobolit lidah nyobut an baso dio nie.

sputra said...

kakak, adiak ajarin ambo bahasa minang lah? susah kali ambo ngarayu camer ini... anti sunda banget apa yaa...

YSS said...

@Jho Sihombink: maaf nih gan, bahasanya agak kasar, kalau mau silakan cantumkan email, nanti saya bantu terjemahkan.

@Sentuhan Cahaya: makasi ya..

@Rafani Samrahidi: sabar ya, masih mau coba ditulis..

@chan amoy: sama-sama kata umpatan. makasi sudah berkunjung..

YSS said...

@amirul hakim bin baharin: bisa tolong diterjemahkan ke bahasa indonesia maksudnya apa? :D

@sputra: silakan mencari2 referensi bahasa minang, banyak kok..

Muhammad Oktariadi said...
This comment has been removed by the author.
Muhammad Oktariadi said...
This comment has been removed by the author.
Muhammad Oktariadi said...
This comment has been removed by the author.
Muhammad Oktariadi said...

kok setek bana ni? banyakan lah stek ni. bia jaleh.
ko a urg minang nyo acok pakai kato "do" di balakang e nii.

Aria Dillah said...
This comment has been removed by the author.
Dewi Maharani said...

Mau tanya nih, bahasa minangnya manggil majikan lelaki apa ya?